.

Rabu, 24 Maret 2010

~ 3rd project @GA.BDG - Rumah bidan Muhammad Udin - SUMEDANG ~





- courtessy . GA . BDG -














The story and the spirit to cure!!!


punya keinginan mempunyai rumah di atas lahan seluas 280 m
1) rumah tinggal yang sederhana tapi enak dipandang dan nyaman ditempati yang luasnya 9x10 m yang terdiri dari 1 ruang tamu ( berada diteras) 3 ruang tidur 2 kamar mandi 1 dapur dan ruang kelurga + ruang makan jadi 1 ruangan
2) klinik bersalin tipe 29 yang terdiri dari 1 ruang tunggu,1 ruang periksa,ruang inap dan ruang bersalin jadi satu ruangan.
sisa tanah yang ada rencana buat carport, taman,kolam dan tempat jemuran.
berhubung keterbatasan dana maka yang pertama dibangun rumah tinggal yang salah satu ruang tidur untuk sementara dipakai untuk klinik bersalin.
dana yang kami punya antara 50 s.d 75jt.
Lingkungan kami adalah masyarakat yang sub urban (10km dari jatinangor), potensi desa kami  banyak terdapat bambu surat ( gombong) dan banyak home industri pembuatan batu bata, tanah kami belum ada bangunan dan merupakan lahan pekarangan, posisi tanah menghadap ke utara yang depan dan samping kanan kirinya terdapat rumah tinggal dan menghadap jalan desa yang beraspal dengan lebar 5m. struktur tanah datar dan padat.



 -gilbertyohannesvoerman-



...


revisi 1 to (kampoong house)





spot
01. bikin konsep rumah kampung salam konteks tradisional yang
    sesuai

02. bentuk massa dulu sebagai acuan single loaded . jadi biaya bangunan lebih ringan

03. bangunan 1 : tempat bidan
    bangunan 2 : untuk keluarga
    bangunan 3 : untuk area basah (kamar mandi + cuci + dll)

04. parkir kendaraan 1 aj dan berada di taman

05. eksplorasi bambu coba diangkat lebih lagi, karena kondisi
    site yang banyak bambu dan berpotensi.(1,2 jt rumah bambu --- angkat potensi bahan!)

06. kalo bisa ruang dijadikan single loaded di lebar 4m + tambahan teras yang terbuka lagi

07. suasana kompleks bambu yang bisa di eksplor lagi.

08. selasar dan koneksi antar ruang yang terbuka.. perbesar taman dan vegetasi. 

09. ingat budget  hanya 80 jt jadi coba untuk masksimal!!!


setelah di revisi total.. luas bangunan menjadi.
    bangunan 1 : tempat bidan (25m2)
    bangunan 2 : untuk keluarga (32m2)
    bangunan 3 : untuk area basah (kamar mandi + cuci + dll) (5m2/terbangun KM)

content.

ruangan keluarga benar2 di hematkan dengan di gabung sebagai ruang kegitan keluarga (dapur(r.cuci),r.makan sambil nonton),pembagian zoning
diarahkan dengan bentuk bangunan yang single load diakhiri dengan kegiatan service.  pikir ge mas, klo sudah balik modal owner bisa menambah
bangunan di lokasi taman untuk ruang keluarga+ruang kerja.. jadi dari denah ini mengejar bangunan terbangun utuh sambil membuka usaha bidan/
menabung lg..

luas.
ditotal luas 25 + 32 + 5 = 62 m2

jika mengacu di 1,2jt / m2 (rumah bambu).  62 x 1,2 jt = 74,4 jt ... (biaya tersedia 75 juta oleh keluarga m.udin - sumedang


0 komentar: