.

Kamis, 01 Juli 2010

YM Dalai Lama for humanity :)





YM Dalai Lama



Menarik sekali, dialog face2face Desi Anwar dengan YM Dalai Lama di Metro TV, 26 Juni 2010. Dalam dialog yang berdurasi kurang lebih satu jam tersebut, Desi Anwar bertanya, "Apa pesan Yang Mulia untuk masyarakat Indonesia", Dali Lama menjawab :

" Negara Anda memliki umat muslim terbanyak. Sebagai negara dengan latar belakang sejarah yang panjang, saya rasa anda bisa memberikan kontribusi efektif. Kedamain dan juga harmoni di antara penganut agama, karena latar belakang anda yang beragam. Saya berkunjung ke Borobudur dan juga Bali. Ada umat Hindu, Kristen, Budha dan juga Muslim. Seperti India selama berabad-abad masyarakat di sana bersatu. Negara anda mempunyai potensi menciptakan harmoni antar umat beragama. Negara anda mempunyai suatu kesempatan untuk melakukannya."


Luar biasa, saya ulangi : Negara anda mempunyai potensi menciptakan harmoni antar umat beragama. Negara anda mempunyai suatu kesempatan untuk melakukannya.

Apa yang YM Dalai Lama sampaikan kepada masyarakat Indonesia hendaknya menjadi tantangan bagi kita, warga negara indonsia untuk menciptakan perdamain itu sendiri. Dalai Lama sungguh mengahargai perbedaan. Dalam perbedaan tersebut beliau bisa melihat kelebihan dan potensi negara kita. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa perbedaan hanya akan menciptakan konflik dan perpecahan. Dalai Lama melihat sesuatu yang berbeda, karena memang beliau sendiri berbeda dengan kita semua. Beliau adalah manusia yang sadar.

Dalam kesempatan lain, beliau juga mengatakan bahwa kekuatan terbesar adalah kepercayaan. Mari kita bercermin terhadap apa yang telah terjadi di negara kita selama hampir 13 tahun. Semenjak 1997, sejak terjadinya krisis moneter di bumi yang tercinta ini. Kepercayaan pada siapapun dan pada apapun hampir tidak ada. Apalagi kepada para pemimpin kita yang suka "mempen" (red: korupsi).

Hilangnya kepercayaan ini berarti juga hilangnya kekuatan kita sebagai negara yang besar. Mudahnya negara-negara yang masuk ke negara kita dengan alasan untuk membantu keadaan yang sedang terjadi, menyebabkan keadaan makin terpuruk. Mau untung malah buntung, begitu pepatah menyebutkan. Kekayaan kita justru semakin dikeruk oleh negara investor.

Ya.... kepercayaan, keyakinan adalah kekuatan kita, kekuatan negara kita. Kepercayaan dan keyakinan ini akan menciptakan perdamain bagi dunia. DAN KITA MEMPUNYAI KESEMPATAN UNTUK MELAKUKANNYA. Are You Ready?





courtessy.
30 Juni 2010
made mulia
http://www.facebook.com/note.php?note_id=402738322772&id=1031095358&ref=mf#!/profile.php?id=1031095358


---

0 komentar: