.

Kamis, 23 Desember 2010

- sliCespace -

0 komentar


(RUANG)
DALAM 
SETIAP 
POTONGAN.
...

istilah (ruang) kita bendaharakan sebagai batas aktifitas dalam persingahan setiap satu aktifitas . (ruang) kita dalami sebgai hal yang sangat erat dalam pergerakan kemanapun kita mau. dan (ruang) kita implentasikan sebagai perputaran yang kita lakukan dalam keseharian. dan maaf, (ruang) itupun memiliki rasa.

berbicara tentang alasan kenapa (ruang) bisa terpotong-potong atau hilang, karena pada dasarnya (ruang) mampu membuat kita tersenyum,terdiam, atau bahkan memberikan moment dalam 1 detik. yah itu menurutku = (ruang)

rongga dalam nafas setiap bangunan membawa perputaran udara segar dalam (ruang), bukan karena bau makanan di dapur, atau bukan juga karena bau sepatu ayah yang baru pulang dari kantor sore hari, tapi pada dasarnya (ruang) pun bernafas!

setiap sisa sisa perjalanan ruang menunjukkan bagaimana (ruang) mampu selaras dengan semua keinginan kita, semua fanatisme kita, hingga rasa kehilangan kita. biarkan (ruang) dan kita bisa bernafas dan saling mengikat dalam setiap potongannya!

jadi ...  nikmati saja jika (ruang) memiliki nafas dan rasa... tanpa koma! 
-ego-


regards,
ge

Minggu, 19 Desember 2010

- frame V idea house -

0 komentar




Hello sore... dan menguap cukup berat.. ;( fiuhk kalo ingat sore itu buntu benar untuk mencerna ide. dasar lelaki perah! hahahahah,, memberanikan diri untuk membuka sachet kopi kelas anak  kostan dalam genggaman,, tapi saya benar2 buntu tak terdengung sedikit aliran encer di otak! wew! sambil ngupi-nguoi sore bersama uum yuoi yg sedang semangat dgn 3d pesanan dr tanah jawa.. aq nencoret-coret 3d ini bak kopi hangat yg sedang mengembara di pangkal lidah... otak mendadak goyang dikit, setelah mendapat suntikan dana dari merk teryahud abad eneeee...hak...hak...hak...hak...

otrat-otret , tarik sini, tarik sana.. penuh dgn tidak keyakinan. sopo meneh iki! yg mau tinggal di rumah kaya gini... tapi kata lidah yg lagi ngulum2 ampas kopi  merk teryahud abad eneeee membuat sok2an beraksi! merk teryahud abad eneeee,. kadang iseng2x kata mbah2x itu berbuah ekspresionis.. y uda lanjut kata eik! walau hanya sekedar keisengan ajee.... mumpung ada title ST cong! hak...hak...hak...hak...hak... ;) ok mendadak semakin dalam berpikir dengan keisengan ini! MAU DI BAWA KEMANA HUBUNGAN GARIS INI! :D ..mulai deh muka bega, dgn celingak-celinguk sok2an nyari buku2x rekomendasi ala chef ST... aje gile! peduli amat.. peradaban milik gw! dalam hati sok2 yakin lagi hahhaha... mau pake bahan beton ahhhh... lalu mau pake kaca ahhhh... tapi kalo di standar-in gak keci' cuuy! mau di bilang apa yg penting gaya! hahahahah.. sluuuuuuuuuuuurppph!!!  memang sotoy membawa nikmat! ;D here's the only idea ;)




regards.
ge



Sabtu, 11 Desember 2010

bike for healthy WIFE !

0 komentar



badan segar melawan potensi diabetes + jantung koroner... 
yuk ah! sempetin 1 minggu 1x + makan buah 2hr sekali + 
minum air putih tiap pagi hr 3gelas + minum susu siang + 
minum teh tawar sore + tidur minimal 7jam! :D

Rabu, 08 Desember 2010

- polip House -

0 komentar


 .. Bangunan ini hidup di era 80an dengan wajah bangunan art deco sederhana dengan bentuk-bentuk dasar dalam baluran garis dan kotak. Fungsi sebelumnya variatif sesuai dengan hobby para owner yg mengontraknya. Entahlah, di otak saya saat melihat bangunan ini hanya kosong dan tak bernafas -- sama dengan semua bangunan tua yg ada di Bandung dan tak terpelihara :( padahal mimpi ada yg mau ngasih rumah seperti ini ke saya heheeh.. ngarep!) . jln. sunda tergolong panas nan kering saat itu, y biasalah pemerintah selalu mengadakan izin2 dadakan bagi tukang gali untuk ngebongkar pedestrian agar bisa nanem saluran listrik, benerin saluran air, hingga pasang signage, dan seperti biasanya lagi para kontraktor yg ganteng2 ini selalu bisa mengakali pedestrian agar kelihatan ciamik lagi!! (yg ada ancur, pola bata pedestrian yg ilang 2 - 3 biji di bawa pulang ama tukang kali hahahha.. y gt lah pekerjaan borongan tapi suka-suka eik :( sedih y..)




siang itu pukul 12.00 wib cukup terik + perempatan yg hidup 24 jam, efek polutan menyebar bak' bibit serbuk laler'(lalat jo) yg nemplak nemplok di mana-mana.. sulit rasanya memiliki oksigen yg sehat dan berkualitas, huiks! mau jadi apa penghuni yg tinggal disini.. udalah pada cuek2xan + elo-elo gue-gue hahhaha... ide desain ini sebenarnya sok - sokan aja biar go greenpeak (skipword hahaha..) 

 nah lho? FROM WHERE WE START??? kulaitas oksigen, lumut , dan kelembapan air adalah bayangan saya yg muncul untuk melawan arogansi site yang sok asik ini.  Jika kita mampu melihat lumut di rumah kita berarti kualitas Oksigen di sekitar kita cukup baik, higga menyebabkan kelembapan air menepel pada bangunan, lalu komunitas hijau pun nonggol...  y paling tidak lumut menghasilkan 0,005% oksigen untuk sekitar kita, nah kalo kita tambah lagi dengan tanaman cabe, kacang2an, tumbuhan merambat-rambat kebawah (jenggot wanna be!) + bunga2x kece' dan keci' gt kan malah jadi gede persentase oksigennya... aha?apalagi yang ada di otak gw hahah.. sikat bleh! :D

rangkanya dari plat siku L yg bekas aj, dan seadanya beli di pasar maling atau di pasar gelap di pelabuhan, trus kita sambung-sambung hahahha :) ide liarnya itu, tapi juga ujung2nya kalo gak ada duit kita beli bambu aja yuuuk :D hahhah .. y gt deh kalo berhadapan ama klien yg terbata2 untuk share profit.. Hmm.. tatakan untuk potnya gimana kalo kita pake seng/genteng bekas disusun dan direpetisi hingga ujung atap.. lama2 kata orang2 pinter AW WINDOW FARMING KW - 2 hahahha.. waelah! yg penting kualitas oksigen rumah uda ngebantu si lumut tadi yg telah berjuang cukup hedon seharian penuh! :D.. untuk nyiramnya tinggal nyalain keran,..

inpeksi utilitas airnya, kita bikin pipa air 1 inchi yg mengitari setiap rangka di tiap ringkatannya + saat melewati pot tanaman kita bolongan segede lubang paku, jadi air ngucur kaya air mancur kecil dari atas hingga bawah, ya kaya hujan buatan imut2 gt deh.... jadi semua kebagian kan air buatannya, y kalo huja nkita buat saluran dadakan di bawah pot dan kita alirin ke saringan baru ke sumur resapan di samping rumah.. Hmmm idenya semakin sok asik! tapi itulah " liar belum tentu gak mungkin .. toh?? hahahha :D "

ilmu lumut beraksi!
gretaaaa...!

regards,
ge.



Kamis, 02 Desember 2010

- waVing house -

0 komentar













l o a d i n g . . .UNDERCONSTRUCTION.


Team desain.
 mas yu sing 
  +bung eric tan
  +bung gilbert yv

 Team penggembira :D
  +bung rahmat
  +bung alfa
  +bung ody

@april - desember 2010.

MY PERSPEKTIF.
pengalaman pertama bersama di tim kantor Genesis, ini adalah desain pertama yang akan terbangun .. desain awal ini sudah terdesain oleh mas yu dan bung eric, tapi krn kondisi kepindahan bung eric ke bali maka desain ini dipindah tugaskan hehehe... :D tantangan baru kata saya! awal melihat desain yang sudah tersikapi seperti ini pasti akan menjadi bahan baru untuk dipelajari... bentuk denah yang cukup berani kata saya dalam hati :))

refleksi denah yang diimbangi bentuk dekontruksi dengan pengolahan struktur yang sederhana. WAW! saya masih pensaran bagaimana dalam meyakinkan klien... :??? patut di saluti desain ini termauk desain karya "RUMAH MURAH" yang di tanamkan mas yu terhadap kami si arsitek2 unyil ini... banyak hal yg saya pribadi saya pelajari secara langsung saat menuangkan semua ide nakal di sisi detail dan beberapa uji penyalutan angin dan udara alami dalam ruang... mungkin di gambar di atas tidak tergambarkan, tapi uji ini mungkin pertama kali buat desain rumah murah -- target memperthankan fasade sesederhana ini untuk tidak rimbil (ribet dgn olah fasade yg heboh atau gmn gt kata orang vinter2x hehehe..) 1 jenis material mewakili semua sikap yang diinginkan.. mungkin secara deskripsi saya melihar desain ini sesuai penglihatan desain matangnya saja, tidak di awal proses diskusi bersama klien.

apa sebutan yg tepat yap! fasade depan-- sekaligus dinding depan -- sekaligus sekat ruang -- sekaligus interior ruang = 1 atap gelombang besar fiber semen! bukankah ini sebuah penghematan besar, awalnya saya tidak begitus sadar, hanya rutinitas membuka cad , open file, eksplorasi bentuk hingga menhancurkan material hahahha agar lucu.. (bahasa mabok..) setelah dilhat lebih dalam lagi :D saya tau esensinya.. bukan karena ingin menutup diri atau semassive materialnnya tapi karena ingin memaksimalkan ruang dalam dana :)) senyum saja saya saat itu...  modul yg tetap sama di 4 m tapi bentuk yg berbeda2 disetiap polanya.. Hmmm..."itulah arsitektur rumit di awal demi kesederhanaan di akhirnya"

tidak menggunakan pagar -- berbagi ruang -- dan sesederhana itu :D
mudah2an 3 bulan ini serpong tidak turun hujan terlalu lebat.. amien :))

regards,
ge