.

Senin, 17 Januari 2011

- stack house -


hehehehe... bingung sekali dengan yang satu ini, karena yang satu ini benar-benar satu2nya yang sangat enyebalkan ??? ( terlalu jujur! ;( ) berikut  ini adalah review dari sebuah desain rumah yang dikerjakan dan sudah berganti2 wajah dalam perjalanannya dimulai dari tgl 10 mei 2010 -- hingga sekarang. lampiran gambar dibawah ini adalah desain revisi ke-10 dengan eksplorasi bentuk fasade ke 4. kurang lebih penggarapan desain hampir 10 bulan (weleh-weleh.. mau dibawa kemana hubungan ini hahahhaha... ) --- kebetulan semua terkendala oleh jarak dan tempat, walau berinteraksi dgn tergopoh2 dgn klien yg jauh disana (kalau liat dari bentuknya mungkin sudah bisa di tebak, bangunan apa2an in kekekke..)

bersama tim, proses desain melewati pasang surut yg tak jelas, ada saja masalah + tantangan yang lahir saat acuan proses desain baru di ajukan hingga tahap pendetailan, jujur gw kesel! tapi y sudah "SAYA HARUS LAHIR BARU TIAP HARI..hahahah" biar tetap cair saat kondisi diskusi apapun itu... rumah ini diadopsi dari rumah panjang kalimantan, harapannya ada repetisi bentuk bangunan tradisional bisa diterapkan dalam keterbaruan. tidak serta mertanya saya berharap mau membawa alam lalu secara penuh ke dunia penuh peradaban sekarang, pada dasarnya ada pemahaman2 nenek moyang  terdahulu yang memahami alam secara seimbang dan hidup berselaras dgn penghuninya. rumah panjang identik sebagai satu rumah besar yang dihuni oleh puluhan Kepala rumah tangga dengan kroni2nya yang membawa saudara sepupu, aa. teteh hingga anjing peliharaannya. ada semangat yg menarik dari rumah panjang... maha sempurna dalam kebersamaan masyarakat -- mereka saling mengenal, saling mengasuh , saling memberi arahan bersama karena mereka tinggal dalam satu atap ;D ... arhhhhkkkk yg ada di otak saya asik banget punya orang tua banyak dan teman2 sepantaran yang tinggal bareng satu lantai dan bisa tuker2an baju hahahhaha.....   jreng2!  untungnya mereka tidak seperti itu y ;D ... keterbatasan otak saya mikir sesempit itu heheheh... tapi semua kembali! kehidupan sosial maha brata pun tau kalau doraemon itu suka dorayaki! hahahahah (NGELANTOEEERRR PARAH!!! ... kwkwkkwkwk)


*ok kembali ke gambar dibawah ini, klien bilang rumah ini "kampungan banget"  --- sampai keluarlah kata-kata "ndeso banget y pak...apa tidak apa2 itu kah ???dinding2nya tidak disemen dan dibiarin bata2nya nongol... lalu kalo gampang dicungkil gimana pak????"... saya langsung males bls email! hoeks! 2 hari memerah susu dalam kamar biar ada ide seru tapi tak tercapai karena tidak tersampaikan maksud dan tujuan ini... dan menelan bulat2 kalau desain ini harus dimpan ke folder 10 dan lanjut ke folder 11 hahahahah,,,,..  *langsung lari ke pojok renung ;(

-- kemudian hari saya beranikan diri untuk menjelaskan apa maksud dan ide bersama untuk rumah ini -- mulai pemahan dari ukuran ruang hingga batasan struktur yang bisa dimanfaatkan agar biaya tercukupi... hiks tapi yg ada hanya jadi sebuh pertimbangan..,dan hanya ingin MINIMALIS!!!! ;(  --

bukan masalah mentalitas meyakinkan yg dipermasalahkan tapi masalah pola pikir masyarakat kota2 diluar kota besar yang sudah tersulap oleh iklan2 promosi rumah mewah dengan imingan2 komplek raflesia, mediterinia ala kampret!!!! ayau apalah itu!!! huh!!! ;G dan semua ini membungkus sebuah virus besar di masyarakat... apa kita tidak sadar, semua pasar dgn orientasi2 make up sudah sangat mencekoki. tapi y semua menjadi pilihan... desain dibawah ini menjadi eksplorasi desain yg menanggapi dan mencari sebuah keseimbangan, menurut saya untuk mereka... ;9 tarik nafas dalam2..... setiap sebuah proses desain ada makna ada maksa ada seimbang ada ketenangan bukan karena sebuah eksitensi di depan klien...tapi ini belum berakhir.. walau hanya sebuah ide dari harapan ;D ayoooo! tetap seimbangkan pola pikir agar tetap terus berbagi kepada siapapun... walau saya masih bermimpi masih ingin tukeran baju di rumah panjang! hahahhahah.....

*bersambung 21/2 hehehhe...






5 komentar:

shasays mengatakan...

Wah ini nih karya arsitek handal. Jadi malu nunjukin kalo tar bikin rumah burung, hahahahaa :D

gilbertyohannesvoerman mengatakan...

sa,,, handal dari mana huhuhuuhuh ini tak jadi ;( harus bikin yang MINIMALIS alay geboyyyy ;D wkkwkwkkw... sangkar burung sopo toh ndok kwkwk

Syihab mengatakan...

wuih.. keren gel... amazing... bisaan wuy buatnya. pgn jg punya rumah bgini ntar

gilbertyohannesvoerman mengatakan...

wkkwkw bisa juga ;D iy happp bisa gilaaaaaaaaaaaa kwkwkwk... asik nanti dibikinin deh rumah beginian ;D

hatur nuhun akang sihappppp
--

faiz mengatakan...

sy suka masanya yang saling silang begitu..hehe...liat denahnya dong mas,
rumah panjang maksudnya kalimantan y mas?