.

Selasa, 15 Februari 2011

Kampung Seni Lerep’ -- ungaran






 



 



...

Lerep adalah nama sebuah desa berhawa sejuk di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut (dpl). Lerep bagian dari Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang; kira-kira 20 kilometer sebelah selatan kota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Nama desa ini kemudian diadaptasi sebagai identitas sebuah komunitas budaya dengan nama ‘Kampung Seni Lerep’. Sebuah kampung seni (art village) seluas 10.000 m2 yang pertama kali digagas dan lantas direalisasikan oleh Handoko mulai tahun 2006. Sosok asli Semarang ini dikenal sebagai pecinta seni dengan keahlian artefak-artefak arkaik –seperti: kayu, keramik, furnitur Jawa dan China, serta batik pesisiran Jawa– dan seni rupa modern/kontemporer Indonesia.

Kampung seni ini diniatkan bukan saja menjadi wahana pengelanaan budaya (cultural historical journey) – nguri-nguri (bhs Jawa) – dan mamaknai seni bukan sekadar sebagai warisan budaya (cultural heritage). Lebih dari itu adalah menjadi lahan persemaian berbagai buah pikiran (seedling state of mind), dan proses pengejawantahan pikiran (the processes of thinking development) hingga memaknai sebuah proses kerja budaya sebagai ‘human intellectual work’.

Kampung Seni Lerep beranggapan budaya bukan sekadar sebagai kata benda dengan berbagai artefaknya, tapi memaknainya sebagai kata kerja dengan berbagai ikhtiar tanpa mengenal kata akhir untuk mewujudkan kebudayaan sebagai ‘whole way of life’.

 ...

0 komentar: